Cara Membuat Cardboard VR

Cardboard VR diperkenalkan pertama kali oleh google, sehingga pada awalnya disebut Google Cardboard. Masuk dalam kategori Mobile VR Headset, karena menggunakan smartphone sebagai alat yang akan menampilkan konten VR.




Keunggulan dari Cardboard VR adalah bisa dibuat dengan cukup mudah, oleh siapapun yang tertarik untuk mencoba VR. Dan bahkan disediakan template standar, yang bisa dengan mudah diprint dengan printer, dan kemudian bisa ditempelkan pada Carboard (Lembaran Kardus). Setelah itu kemudian kardus bisa dipotong sesuai pola.

Bahan-Bahan & Peralatan untuk membuat Cardboard :

  1. Lembaran Kardus (Usahakan yang tipis, tetapi cukup keras)

  1. Lensa pembesar khusus untuk VR Heaset (Untuk uji coba, Bisa menggunakan kaca pembesar standar, dengan ukuran diameter 4-5cm )

  1. Magnet (Tidak harus ada)

  1. Kertas

  1. Double tip 

  1. Printer

  1. Pisau Cutter

  1. Gunting 

  1. Penggaris 


Cara membuat :

  1. Print pola / template cardboard (Download Pola / Template Cardboard )

  1. Tempelkan pada lembaran kardus (Bisa kardus bekas)

  1. Potong sesuai pola / template

  1. Rangkai menjadi Carboard, dan jangan lupa pasang lensa

  1. Download aplikasi VR pada market aplikasi (Misal : Tuscany)

  1. Ujicoba dengan smartphone (Yang memiliki sensor Gyroscpoe)


 


 


Tips & Trik :

  1. Lensa kaca adalah komponen utama dalam membuat Cardboard, apabila tidak menggunakan standar lensa cardboard. Cari lensa pembesar dengan titik fokus 4-5cm.
  2. Jarak mata (IPD : Interpupillary Distance) , antara satu orang dengan lainnnya berbeda, untuk mendapatkan ukuran ideal, dengan mengukur jarak titik mata kita sendiri. (Standarnya 5.5 - 7.5cm
  3. Terkait dua hal diatas, maka ukuran dari lensa ke smartphone akan tergantung dengan jarak fokus lensa. Kemudian, ukuran jarak antar lensa (antar titik tengah lensa), bisa disesuaikan dengan jarak antar titik tengah mata kita.
  4. Pola / Template Cardboard bisa dimodifikasi sesuai, dengan kebutuhan dan keinginan kita

0 komentar: